UKG “Uji Kesabaran Guru” Online Kabupaten Banyumas 2012

KlikBanyumas.com – UKG Online “Uji Kesabaran Guru” Kabupaten Banyumas 2012.

uji kompetensi guru Online Kabupaten Banyumas 2012

UKG Online “Uji Kesabaran Guru” Kabupaten Banyumas 2012. UKG Online atau Uji Kompetensi Guru berubah  singkatan menjadi Uji Kesabaran Guru. Kalimat tersebut sedikit nyleneh tetapi mungkin kalimat itulah yang tepat untuk menggambarkan peristiwa yang menimpa sekitar 900 orang guru pengajar SMP di wilayah di Kabupaten Banyumas yang sedianya akan mengikuti UKG gelombang pertama Senin (30/7). UKG online Kabupaten Banyumas hari pertama gagal dilaksanakan pasalnya terjadi masalah pada jaringan berupa kegagalan proses sinkronisasi ke server pusat.

Para guru peserta UKG online Kabupaten Banyumas terpaksa menunggu dengan gelisah perbaikan sistem hingga waktu yang belum ditentukan. Panitia sempat kaget dengan kejadian ini, namun dengan kesigapan mereka akhirnya berhasil mengkondisikan para peserta. Dari kejadian ini maka di salah satu sekolahan yang ditunjuk muncul istilah Uji Kesabaran Gurusebagai celotehan untuk mencairkan suasana UKG. Istilah ini akan sangat sesuai karena selain sikap guru yang memang harus sabar terlebih karena UKG online ini dilaksanakan pada bulan Puasa Ramadhan tahun ini.

Saya merasa turut prihatin dengan kejadian ini. Mereka sebenarnya sudah siap untuk mengikuti ujian, namun karena kejadian ini pasti akan banyak mengganggu psikologis peserta,” tutur salah seorang pengawas UKG.

UKG uji kompetensi guru Online Kabupaten Banyumas 2012

Banyak guru peserta UKG yang mengaku kecewa dan kesal dengan kejadian ini selain karena terpaksa harus meninggalkan siswa didiknya juga karena belum adanya kepastian konfirmasi secara resmi dari pusat tentang nasib ujian mereka. Mereka hanya dapat menunggu tanpa ada aktifitas yang berarti (menganggur) sementara peserta UKG gelombang berikutnya sudah mulai berdatangan.

UKG online periode 2012 ini memang baru pertama kali diadakan dan diselenggarakan secara online serentak di 33 provinsi di seluruh wilayah Indonesia. UKG online di Kabupaten Banyumas diselenggarakan di 15 sekolah yang ditunjuk mulai tanggal 30 Juli sampai dengan 7 Agustus 2012 dengan total peserta lebih dari 6.300 orang. Dalam satu harinya UKG online akan dibagi 3 gelombang yang masing-masing dimulai pukul 07.30 s/d 10.00 WIB, pukul 10.30 s/d 13.00 WIB dan pukul 14.00 s/d 16.30 WIB.

Kegagalan sinkronisasi ke server pusat pada UKG online gelombang pertama tidak berhasil teratasi sampai batas waktu pelaksanaan habis sehingga pelaksanaan sehingga UKG online di hari pertama (gelombang 1 sampai dengan 3) terpaksa gagal dilaksanakan. Keresahan gagalnya UKG online 2012 tidak hanya terjadi di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa Tengah bahkan kejadian ini hampir merata di sebagian besar tempat penyelenggara UKG online di seluruh Indonesia.

Ya..memang begitulah kejadiannya. Info terakhir yang kami dapatkan hanya ada 8 provinsi dari 33 propinsi yang  berhasil melaksanakan UKG online tersebut,“ tutur Setyo dari Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Semarang yang menyempatkan datang selepas waktu istirahat kantor.

Dituturkan pula kepada KlikBanyumas.com bahwa ujian UKG online gelombang I, II dan III yang gagal ujian hari ini akan diatur ulang jadwalnya setelah pelaksanaan UKG periode ini berakhir. Dan untuk itu diharapkan keaktifan para peserta untuk mencari info di Dinas Pendidikan Kabupaten Banyumas.

Semoga kejadian gagalnya UKG Online 2012 dapat dijadikan pengalaman guna kemajuan kebijakan perbaikan dan peningkatan mutu guru yang dihasilkan di masa yang mendatang. (KlikBanyumas.com)

One Response to UKG “Uji Kesabaran Guru” Online Kabupaten Banyumas 2012

  1. hihihiii… coba kalo pake servernya Facebook, dijamin kecil trauble nya :-) )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

 
200 OK

OK

The server encountered an internal error or misconfiguration and was unable to complete your request.

Please contact the server administrator, webmaster@klikbanyumas.com and inform them of the time the error occurred, and anything you might have done that may have caused the error.

More information about this error may be available in the server error log.

Additionally, a 500 Internal Server Error error was encountered while trying to use an ErrorDocument to handle the request.