Horee..BBM Tidak Jadi Naik

KlikBanyumas.com - Horee..BBM Tidak Jadi Naik

demo bbm di purwokerto kabupaten banyumas

Purwokerto, Banyumas – KlikBanyumas.com. ”Horee…BBM gak jadi naik!” Harga BBM bukan “tidak jadi naik” tetapi lebih tepatnya harga BBM ditunda kenaikannya. Menjelang hari-hari terakhir penghujung bulan Maret pemerintah pusat tengah mengadakan sidang paripurna di gedung DPRD Jakarta terkait penetapan kenaikan harga bahan bakar minyak. Sejak digelontorkannya isu kenaikan BBM memicu banyaknya demo unjuk rasa yang terjadi di masyarakat. Hal ini mungkin sedikit membuat kosentrasi para anggota dewan terpecah. Tetapi apakah hati mereka tergugah?

Di beberapa daerah warga masyarakat sudah mulai berebut mengantri di SPBU untuk membeli BBM. Beberapa pangkalan SPBU dijaga polisi untuk mencegah terjadinya penimbunan BBM atau hal-hal yang tidak diinginkan. Walaupun demikian sidang paripurna kenaikan BBM masih terus dilakukan.  Sabtu (30/03) di luar gedung DPR Jakarta telah dipadati oleh massa pengunjuk rasa yang turut menunggu hasil sidang paripurna BBM. Namun sangat disayangkan karena massa bertindak Anarkis dengan merusak fasilitas di sekitar kawasan kantor DPR seperti pagar keliling dan tembok.

Dalam Pasal 7 ayat 6A disebutkan: “Dalam hal harga rata-rata minyak Indonesia (Indonesia Crude Oil Price/ICP) dalam kurun waktu berjalan mengalami kenaikan atau penurunan lebih dari 5 persen dari harga minyak internasional yang diasumsikan dalam APBN-P tahun Anggaran 2012, pemerintah berwenang untuk melakukan penyesuaian harga BBM bersubsidi dan kebijakan pendukung”.

Hujan interupsi terjadi di dalam gedung DPR karena banyaknya pro dan kontra yang terjadi pada anggota dewan. Suasana semakin panas setelah aksi walk out-nya Fraksi Hanura dari ruang sidang utama DPR saat sidang paripurna membahas kenaikan harga BBM bersubsidi 2012 ini berlangsung. Setelah itu menyusul pula Fraksi PDIP yang diketuai oleh Puan Maharani yang juga memilih keluar dari rapat memimpin keluar seluruh anggotanya fraksinya.

Dan memang akhirnya sidang Paripurna tersebut berakhir dengan diambil keputusan bahwa pemerintah akan menunda kenaikan harga BBM. Harga BBM per 1 April 2012 akan tetap seperti biasa alias tidak mengalami kenaikan. Bahkan di hari ini Minggu (1/03) kami yang turun ke lapangan di salah satu fasilitas SPBU umum tampak bahwa pangkalan bahan bakar minyak tersebut bisa dibilang lengang, tidak terjadi antrian.

Iya, BBM gak jadi naik.. Jadi ya gak ada antrian. Antriannya terjadi pas Jumat malam. Hari ini malah kosong..,” papar salah seorang petugas SPBU Sokaraja saat dimintai keterangan.

Semoga keputusan penundaan kenaikan BBM 2012 ini bermanfaat bagi semua dan khususnya bagi masyarakat kabupaten Banyumas yang akan merayakan hari jadinya pada acara Kirab Banyumas tanggal 6 April besok. (KlikBanyumas.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>