Film Pendekar Harum (Nostalgia Film Mandarin Klasik)

KlikBanyumas.com – Film Pendekar Harum (Nostalgia Film Mandarin Klasik)

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

 

Chu Liu Xiang Chuan Qi (The Legend Of Chor Lau Heung) atau yang dikenal dengan Pendekar Harum 1995. Pendekar Harum Chu Liu Xiang. Siapa remaja terutama wanita yang tidak kenal dengan Pendekar Harum? Haha.. Untuk generasi remaja sekarang mungkin tidak semua wanita mengenalnya. Tetapi mungkin beberapa orang masih mengingat dengan lamat-lamat kisahnya yang mungkin dulu jaman kecilnya sempat menyaksikan film ini. Pendekar Harum merupakan film klasik Cina (Mandarin) yang dahulu pernah diputar di RCTI tahun 1995 dan karena banyaknya permintaan akhirnya diputar kembali pada tahun 1998. Film Pendekar Harum diadaptasi dari novel silat legendaries karya Gu Long dengan tokoh utama yaitu Chu Liu Xiang yang diperankan menawan oleh Adam Cheng dan Shan Guan Wu Ji yang diperankan oleh Cynthia Khan. Sebelumnya film Pendekar Harum telah legendaris dan dibuat dalam beberapa versi pada tahun 1979, 1984, dan 1985. Dari semua versi yang paling adalah terkenal adalah versi Pendekar Harum 1995 yang diperankan oleh Adam Cheng.

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

Sinopsis singkat mengenai film Pendekar Harum 1995 (Adam Cheng) sebagai berikut: Alkisah hiduplah Chu Liu Xiang seorang pendekar pengelana yang tinggal di sebuah kapal. Di dalam kapal ini Chu Liu Xiang hidup bersama 3 orang wanita yang sudah dianggapnya adik-adiknya sendiri yaitu Su Rong Rong, Song Tian ErSong Tian Er dan Li Hong Xiu. Chu Liu Xiang juga mempunyai sahabat dekat yang bernama Hu Ti Hua si Raja Pemabuk yang selalu terlihat akrab membawa botol arak dan punya panggilan khusus untuk Chu Liu Xiang dengan memanggilnya”Ular Busuk. Chu Liu Xiang mendapat julukan sebagai Pendekar Harum karena aroma tubuhnya yang harum dan suka menolong sehingga namanya pun harum di dunia persilatan. Walaupun demikian tetapi Chu Liu Xiang sendiri malah mempunyai sedikit gangguan penciuman yang tidak berfungsi dengan baik. Si Pendekar Harum Chu Liu Xiang adalah pemuda yang cerdas dan pandai baik soal silat maupun kecerdasan ilmu. terkenal pula karena ketampanannya yang terlihat cool di mata tiap para gadis dan hampir selalu berhasil memikat semua wantia yang dijumpainya. Hal ini pula yang menjadikan Chu Liu Xiang sedikit terkenal playboy walaupun hampir di dalam semua perjalanannya Chu Liu Xiang tidak pernah berpikir untuk meminang seorang dari begitu banyak wanita yang menyukainya. Chu Liu Xiang hampir selalu terlihat membawa kipas kesayangan yang juga merupakan salah satu senjata andalannya pada saat bertarung. Chu Liu Xiang mempunyai kebiasaan unik yaitu suka menggosok-gosokkan hidung dengan jari ataupun kipas saat ia tengah berpikir.

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

Dengan kapalnya itu Chu Liu Xiang mengembara dari satu daerah ke daerah lainnnya hingga akhirnya bertemu dengan seorang pendekar tangguh bernama Shan Guan Wu Ji. Pada awal pertemuannya mereka berdua saling bermusuhan karena sebuah kesalahpahaman. Beberapa kali Chu Liu Xiang dan Shan Guan Wu Ji sempat terlibat di dalam pertarungan. Suatu saat mereka saling bertarung dan Chu Liu Xiang berhasil membuka cadar yang selalu dikenakan Shan Guan Wu Ji dan pada saat itulah terungkap pula jati diri seorang Shan Guan Wu Ji yang ternyata adalah seorang perempuan cantik jelita yang di akhir cerita akhirnya dijadikannya tambatan hatinya. Di beberapa bagian, sempat dikisahkan kalau Rong Rong adalah cinta sejati Chu Liu Xiang yang sebenarnya. Namun akhirnya takdir juga yang menjawab semua misteri kisah cinta seorang pendekar Chu Liu Xiang.

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

Shan Guan Wu Ji yang merupakan ke putri tunggal dari perguruan Shan Guan ini sejak kecil tinggal bersama ayahnya di istana perguruan leluhurnya, jauh dari dunia luar. Awalnya percintaan antara Shan Guan Wu Ji dengan Chu Liu Xiang ditentang oleh sang ayah karena berbagai faktor dan membela martabat perguruan, namun hal itu malahan menambah romantisme percintaan antara keduanya.

Cobaan datang sekembalinya Shan Guan Wu Ji ke tempat perguruannya. Ia mendapati semua anggota perguruan telah mati, kecuali ayahnya. Akhirnya sang ayah bercerita kepada Shan Guan Wu Ji bahwa ibunya sebenarnya masih hidup dan memintanya untuk mencarinya.

Karena rasa cintanya dan kekhawatirannya akan kedatangan musuh besar yaitu Pangeran Chou Ming yang sedang mengincar nyawa mereka, maka Chu Liu Xiang ikut menyusul Shan Guan Wu Ji mencari ibunya. Sayangnya Chou Ming berhasil membunuh kedua orang tua Shan Guan Wu Ji saat keduanya baru saja dipersatukan setelah sekian lama tidak bertemu. Untuk membalaskan dendam kedua orang tuanya, maka Shan Guan Wu Ji beserta Chu Liu Xiang berlatih kitab yang mampu melawan kitab bunga gaib yang digunakan oleh Chou Ming.

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

Cobaan terberat mereka datang saat Chou Ming berhasil menyerang gua tempat mereka berlatih. Dalam adegan yang menyedihkan akhirnya kedua kekasih ini terpisah ruang dan waktu. Chu Liu Xiang terluka parah dan kehilangan semua kungfunya akhirnya ditolong dan dibawa oleh Lin Nga Seung. Tak butuh waktu banyak sampai akhirnya Lin Nga Seung pun jatuh cinta kepada Chu Liu Xiang. Segala upaya telah dilakukan Lin Nga Seung agar Chu Liu Xiang mau mencintainya. Dia juga sempat mencuci otak Chu Liu Xiang agar melupakan Wu Ji. Karena semua upayanya tidak membuahkan hasil, maka akhirnya Lin Nga Seung sadar bahwa hal terbaik yang bisa dilakukan seseorang yang mencintai adalah membiarkan orang yang dicintainya hidup bahagia walaupun bersama dengan orang lain. Wanita itu pun akhirnya mengorbankan hidupnya hingga rambutnya yang berubah jadi putih demi mengembalikan kungfu dan ingatan Chu Liu Xiang dengan sempurna seperti sedia kala

Chu Liu Xiang akhirnya bersatu kembali dengan Wu Ji sambil berlatih kungfu. Dengan ilmu kungfu yang sudah semakin tinggi akhirnya mereka berdua berhasil mengalahkan Chou Ming. Sempat terjadi pertarungan batin pada saat akan menghabisi Chou Ming yang sudah dalam posisi terjepit, namun niat membunuh Chou Ming demi membalaskan dendam kedua orang tua Wu Ji akhirnya diurungkan karena kebijakan mereka sebagai pendekar yang bermartabat sehingga membiarkan Chou Ming tetap hidup.

Setelah selesai urusannya, maka tibalah saatnya Chu Liu Xiang dan Shan Guan Wu Ji memetik manisnya perjuangan mereka selama ini. Dan di akhir cerita mereka berdua hidup bahagia…selamanya.

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

Film Pendekar Harum 1995 (Adam Cheng) mempunyai dua soundtrack film yang terkenal. Soundtrack ini mengiringi setiap film akan diputar dan di ending tiap episode. Dalam versi aslinya Adam Cheng menyanyikan sendiri ost. (original soundtrack) untuk opening Film Pendekar Harum 1995. Mungkin anda akan tingat dengan lamat-lamat kisahnya begitu mendengar original soundtrack opening (pembuka) dan original soundtrack ending (penutup) Film Pendekar Harum 1995.

Pendekar Harum Chu Liu Xiang Chuan Qi

KlikBanyumas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>